Information Technology Management in Learning for Children with Special Needs in Special School
Pemanfaatan teknologi dalam aktivitas sehari-hari sudah menjadi hal yang lumrah dan wajib dilakukan agar pembangunan pendidikan dapat bersaing dan memberikan peluang yang signifikan bagi sekolah luar biasa untuk meningkatkan pendidikan dan memberdayakan siswa berkebutuhan khusus. Namun, belum ada penelitian yang mengungkap perencanaan dan pengorganisasian teknologi informasi dalam pembelajaran kebutuhan khusus di sekolah luar biasa, menjadikan pembelajaran berbasis teknologi belum terlaksana secara maksimal dan menantang untuk diterapkan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tipe deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber data berdasarkan hasil data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Informan penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan guru sekolah luar biasa negeri.
Hasil penelitian yang diperoleh sangat penting karena mengungkap pengelolaan teknologi informasi dalam pembelajaran kebutuhan khusus di sekolah luar biasa yang dimulai dari tahap perencanaan, dan pengorganisasian. Hasil ini memberikan wawasan dan rekomendasi berharga untuk pengelolaan teknologi informasi yang efektif dalam pembelajaran kebutuhan khusus di sekolah luar biasa, guna mengatasi tantangan saat ini.
Artikel merupakan luaran dari hibah Penelitian Tesis Magister DRTPM Kemendikbudristek tahun 2024. Artikel ditulis oleh Jesika, Dian Hidayati, Sukirman, mahasiswa dan dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD. Lebih lengkap bisa membaca artikel pada Jurnal Studi Manajemen Pendidikan (Tadbir) Volume 8 Nomor 2 tahun 2024 atau kunjungi link https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/11121