Enhancing Student Leadership Skills through Project-Based Learning in the Postgraduate Research Experience
Project-based learning (PjBL) atau Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu model pembelajaran yang yang efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam mengembangkan keterampilan proses. Namun, beberapa penelitian telah menguji potensinya untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman mahasiswa pascasarjana dengan pembelajaran berbasis proyek sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 24 mahasiswa pascasarjana dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk pengumpulan dan analisis data.
Temuan mengungkapkan bahwa sementara beberapa aspek pembelajaran berbasis proyek dianggap mudah, langkah-langkah lain dianggap menantang, terutama yang melibatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dan pertimbangan emosional. Namun, proses interaksi dan komunikasi selama proses pembelajaran tampaknya menjadi faktor penting dalam pengembangan keterampilan kepemimpinan.
Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi potensi pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan kepemimpinan mahasiswa pascasarjana dan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif untuk menerapkan pendekatan ini. Secara keseluruhan, penelitian ini menyoroti pentingnya mengintegrasikan pengembangan kepemimpinan ke dalam kurikulum pendidikan dan perlunya pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru untuk memfasilitasi pengembangan keterampilan kepemimpinan secara efektif.
Artikel ditulis oleh Enung Hasanah (dosen Magister Manajemen Pendidikan UAD) berkolaborasi dengan M. Ikhwan Albadar (Mahasiswa UMY), M. Ikhsan Al Ghazy (mahasiswa UNY), dan Fauzia (dosen Pendidikan Bahasa Inggris UAD). Artikel terbit di jurnal The Qualitative Report (TQR) volume 28 number 5 (2023). Lihat artikel lengkap di https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol28/iss5/10/