Education Financing Resilience Strategy in Muhammadiyah Elementary Schools
Pembiayaan sekolah mempunyai peranan penting dalam menunjang mutu pendidikan dan memerlukan pengelolaan dan tata kelola yang efektif. Penelitian ini mengeksplorasi strategi ketahanan pembiayaan sekolah dasar dengan kapasitas manajerial dan keuangan terbatas, termasuk tantangan yang dihadapi dan solusi yang diterapkan.
Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data primer adalah kepala sekolah dan bendahara, dengan dokumen pendukung sebagai sumber sekunder. Penelitian ini dilakukan di SD Muhammadiyah Girikerto, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah telah menerapkan strategi pembiayaan komprehensif yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Meskipun sumber daya terbatas, sekolah telah secara efektif mengatasi tantangan pendanaan, memastikan kelangsungan kegiatan belajar mengajar. Temuan-temuan ini menggarisbawahi pentingnya strategi ketahanan pendanaan yang kuat dalam menjaga kualitas pendidikan, khususnya dalam mengembangkan sekolah dengan sumber daya yang terbatas.
Artikel ditulis oleh Muhammad Ghossan Nazhif Dhiya’elhaq bersama dosen Dr. Ika Maryani, M.Pd., dan Dr Achadi Budi Santosa, M.Pd., terbit di Journal of Management Studies and Development, Volume 4 Nomor 02 tahun 2025 terindeks Sinta 3.
Baca lengkap artikel di https://journal.iistr.org/index.php/JMSD/article/view/1026