Development Strategy of Teacher Competence with the 70-20-10 Model for SDG-Aligned Community-Based Education: A Literature Review
Pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk perkembangan masyarakat dan bangsa. Dalam dunia yang berubah dengan cepat, guru adalah pemain kunci dalam mempersiapkan generasi berikutnya untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Dalam konteks yang dinamis ini, peningkatan kompetensi guru telah menjadi kebutuhan kritis. Salah satu pendekatan alternatif adalah Model 70-20-10, yang menggabungkan pembelajaran formal, pembelajaran informal, dan pembelajaran melalui pengalaman, sementara juga mengintegrasikan pembelajaran berbasis masyarakat, dan keterlibatan sosial untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 4 (Pendidikan Berkualitas) dan SDG 17 (Kemitraan untuk Tujuan).
Makalah ini mengeksplorasi prinsip-prinsip utama Model 70-20-10 dalam konteks pengembangan profesional guru dan potensinya untuk mendorong kolaborasi lokal dan global untuk mencapai hasil pendidikan yang inklusif, adil, dan berkelanjutan.
Melalui tinjauan literatur yang komprehensif, studi ini membahas implikasi, manfaat, dan tantangan yang terkait dengan implementasi model ini. Temuan ini menyoroti bahwa Model 70-20-10 menyediakan kerangka kerja yang solid untuk pengembangan guru berkelanjutan, dengan 10% pembelajaran berasal dari kegiatan terstruktur seperti lokakarya atau sesi pelatihan, 20% dari pembelajaran kolaboratif melalui interaksi dengan rekan sejawat dan mentor (baik daring maupun luring), dan 70% dari pengalaman praktik di kelas yang terintegrasi dengan keterlibatan masyarakat. Namun, implementasi model ini juga menghadapi beberapa tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya, resistensi terhadap perubahan, dan kesulitan dalam mengukur capaian pembelajaran.
Oleh karena itu, untuk sepenuhnya mewujudkan potensi model ini, diperlukan komitmen yang kuat dari semua pemangku kepentingan, beserta sistem pendukung dan strategi yang terencana dengan baik yang responsif terhadap konteks lokal maupun prioritas pendidikan global.
Artikel ditulis oleh Dr Enung Hasanah, M.Pd., berkolaborasi dengan M. Ikhsan Al Ghazi (Universitas Negeri Yogyakarta) terbit di INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, Volume 30 Nomor 1 Tahun 2025 terakreditasi Sinta 3.
Baca lengkap artikel di https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/11257