Developing Pre-Service Teachers’ Professionalism by Sharing and Receiving Experiences in the Kampus Mengajar Program
Artikel ini ditulis berkolaborasi antar dosen perguruan tinggi. Dr. Suyatno sebagai penulis pertama, Dr. Wantini, dan Dholina Inang Pambudi, M.Pd., dari Universitas Ahmad Dahlan, Dr. Muqowim dari UIN Sunan Kalijaga, Dr. Agus Tinus dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Dr. Lilis Patimah dari Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta.
Artikel terbit pada Jurnal Education Science, Volume 13 Nomor 2 tahun 2023. Jurnal ini termasuk jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Q2 dengan SJR 0.52.
Latar belakang penelitian adalah rendahnya kualitas guru di Indonesia menunjukkan bahwa pengembangan profesionalnya saat ini program belum mencapai bentuk yang ideal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana posisi kampus mengajar dapat digunakan untuk meningkatkan profesionalisme calon guru untuk menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik.
Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dari sebelas calon guru, dua pengawas, dan dua kepala sekolah yang terlibat dalam program kampus mengajar dengan penempatan pengalaman profesional selama 3 bulan di sekolah dasar yang tersebar di seluruh Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data tematik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun program kampus mengajar mengalami berbagai tantangan, namun bisa digunakan oleh calon guru untuk meningkatkan profesionalisme mereka dengan berbagi dan menerima pengalaman. Program kampus mengajar menawarkan pengalaman yang nyata dan otentik bagi calon guru dalam membimbing siswa, melakukan berbagai tugas administrasi, dan belajar di tempat kerja; dengan demikian, mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang realitas kehidupan sekolah.
Lihat artikel lengkap kunjungi https://www.mdpi.com/2227-7102/13/2/143