Curriculum Management Innovation in Realizing Excellent Elementary Schools
Sekolah unggul adalah lembaga pendidikan yang menyediakan pendidikan berkualitas tinggi melalui pengelolaan kurikulum inovatif. Namun, tidak semua sekolah dasar dapat meraih predikat unggul, termasuk dalam implementasi kurikulum inovatif yang adaptif terhadap kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan inovasi pengelolaan kurikulum dalam mewujudkan sekolah unggul di SD Muhammadiyah Kadisoka.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dipilih secara purposif, terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan tiga guru.
Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis tematik yang meliputi pengkodean dan identifikasi tema menggunakan perangkat lunak ATLAS.ti. Hasil penelitian menunjukkan adanya enam tema utama inovasi manajemen kurikulum, yaitu: inovasi dalam evaluasi, perencanaan, implementasi, organisasi kurikulum, karakteristik sekolah unggul, dan tantangan implementasi. Inovasi diwujudkan melalui refleksi kurikulum, kolaborasi antar pemangku kepentingan, pendekatan pembelajaran berbasis proyek, diferensiasi pembelajaran, dan kepemimpinan yang mendukung.
Hambatan utama dalam implementasi inovasi kurikulum meliputi keterbatasan sumber daya manusia, perbedaan kurikulum antara kantor dan yayasan, serta partisipasi orang tua yang rendah. Penelitian ini berkontribusi pada praktik manajemen pendidikan berbasis inovasi.
Artikel ditulis oleh Amelia Kurnia bersama Dr. Srti Tutur Martaningsih, M.Pd. dan Dr. Dian Hidayati, MM., terbit di jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Volume 34 Nomor 2 tahun 2025 terakreditasi Sinta 2.
Baca lengkap artikel di https://journal-fip.um.ac.id/index.php/sd/article/view/3314



