Analysis of Student Satisfaction with School Administration Services
Penelitian ini mengkaji kepuasan siswa terhadap layanan administrasi di tingkat Sekolah Menengah Atas di wilayah Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert yang dibagikan kepada 104 siswa dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa secara keseluruhan dikategorikan sebagai “baik,” dengan skor rata-rata 3,4 dan nilai median dominan 4 di 12 indikator layanan. Aspek layanan utama, seperti kenyamanan ruang layanan, kecukupan fasilitas, daya tanggap, kejelasan komunikasi, empati, dan non-diskriminasi, mendapat peringkat baik, meskipun beberapa indikator, khususnya yang terkait dengan penanganan pengaduan dan kenyamanan fisik, perlu ditingkatkan.
Penelitian ini menyoroti pentingnya peningkatan berkelanjutan dalam kualitas layanan untuk memenuhi harapan siswa dan memperkuat reputasi lembaga. Penelitian di masa mendatang didorong untuk mengadopsi desain longitudinal untuk menilai keberlanjutan peningkatan layanan dan mengeksplorasi determinan kepuasan dalam berbagai konteks pendidikan.
Artikel ditulis oleh Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd., yang terbit di EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volme 6 Nomor 1, 2025 terindeks Sinta 2.
Baca lengkap artikel di https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/1173