Addressing Challenges in School-Based Management: Planning for Better Learning and Resource Management
Penelitian ini mengkaji perencanaan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMP IT Muhammadiyah An Najah Jatinom, dengan fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). Secara ideal, MBS dirancang untuk meningkatkan kompetensi akademik dan religius siswa melalui perencanaan partisipatif yang melibatkan guru, orang tua, dan masyarakat sekitar. Namun, meskipun visi dan misi sekolah telah dirumuskan, sekolah menghadapi keterbatasan sumber daya dan anggaran yang memengaruhi pelaksanaan program yang telah direncanakan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dari pihak-pihak terkait, seperti Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan Guru. Analisis dilakukan melalui triangulasi data untuk memastikan validitas dan akurasi informasi yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun perencanaan MBS tersusun dengan baik, yang berfokus pada peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan dan workshop serta pengembangan infrastrukturyang mendukung fasilitas pendidikan berbasis teknologi, masih terdapat kekurangan dalam koordinasi dan supervisi yang perlu ditingkatkan agar pelaksanaannya lebih optimal.
Secara keseluruhan, penelitian ini menekankan bahwa perencanaan yang terstruktur dan partisipatif sangat penting untuk mencapai kesuksesan MBS dan meningkatkan kualitas pendidikan, meskipun tantangan dalam pengelolaan sumber daya harus diatasi untuk pelaksanaan yang optimal.