A Qualitative Study of Indonesian Teacher’s Perspective About School Accreditation
Artikel ditulis oleh Cucu Afriliandhi mahasiswa lulusan 2022 bersama Dr. Enung Hasanah, M.Pd. yang terbit pada Pegem Journal of Education and Instruction, Volume 13 Nomor 1 tahun 2022. Jurnal ini terindeks Scopus Q4.
Artikel memuat tentang akreditasi sekolah sebagai sistem penjaminan mutu pendidikan di Indonesia yang bertujuan untuk menjamin seluruh masyarakat bahwa pendidikan itu profesional dan bermutu. Proses akreditasi memerlukan upaya serius dari semua pihak terkait agar nilai akreditasi menjadi cerminan mutu sekolah yang dinilai. Studi ini mengeksplorasi pandangan guru tentang akreditasi sekolah sebagai sistem penjaminan mutu pendidikan di Indonesia berdasarkan pengalaman mereka. Masalah penelitian ini adalah bagaimana guru Indonesia memandang akreditasi sekolah berdasarkan pengalamannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peserta ditentukan dengan purposive sampling yaitu sebanyak dua kepala sekolah dan delapan guru. Kami mengumpulkan data melalui wawancara mendalam individu. Hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum 1) peserta berpandangan bahwa memenuhi bukti kinerja akreditasi tidaklah mudah; 2) akreditasi sekolah sebagai sistem penjaminan mutu sekolah telah dilaksanakan sesuai standar dan transparan; 3) Nilai akreditasi sekolah berperan dalam mempengaruhi minat masyarakat dalam mengambil keputusan tentang sekolah tujuan tempat anaknya belajar. Dengan demikian, seluruh peserta mengakui sistem akreditasi sekolah sebagai sistem penjaminan mutu yang dipercaya oleh proses dan hasil
Lihat lengkap artikel bisa kunjungi https://www.pegegog.net/index.php/pegegog/article/view/2033
Sebagai tambahan informasi, bahwa artikel ini merupakan luaran dari Penelitian Tesis Magister (PTM) hibah dari Kemendikbudristek tahun 2022. Cucu Afriliandhi merupakan salah satu dari beberapa mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yang meraih hibah PTM tahun 2022