Exploring the Professional Development of Generation Z Teachers: A Qualitative Case Study on Enhancing Digital-Based Learning in Elementary Schools
Studi ini mengeksplorasi pengembangan profesionalisme guru Generasi Z (Gen Z) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis digital di sekolah dasar. Penelitian ini berfokus pada kemampuan adaptasi, kompetensi digital, dan strategi pengajaran inovatif mereka dalam konteks praktik pendidikan yang berkembang pesat. Dengan menggunakan desain studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru Gen Z di SD Muhammadiyah dan dianalisis untuk mengungkap pola pedagogi digital.
Temuan menunjukkan bahwa guru Gen Z menunjukkan literasi digital yang kuat, aktif menggunakan aplikasi presentasi interaktif, platform pembelajaran daring, dan media sosial pendidikan untuk memperkaya proses pembelajaran. Profesionalisme mereka tercermin dalam komitmen mereka terhadap pembelajaran mandiri, kolaborasi dengan rekan kerja, dan praktik pengajaran reflektif. Faktor pendukung pengembangan profesional meliputi dukungan institusi, partisipasi dalam komunitas pembelajaran guru, dan kesempatan pelatihan berkelanjutan. Namun, tantangan tetap ada, terutama keterbatasan fasilitas sekolah dan beragamnya kemampuan adaptasi siswa terhadap lingkungan digital.
Studi ini berkontribusi pada wacana profesionalisme guru dengan menekankan peran penting guru Gen Z dalam memajukan pedagogi digital. Disimpulkan bahwa guru Gen Z memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui inovasi digital, namun dukungan kelembagaan yang berkelanjutan sangat penting untuk memaksimalkan dampaknya.
Artikel ditulis oleh Arga Pradana bersama Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd., dan Dr. Dian Hidayati, M.M., terbit di Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Volume 9 Nomor 2 tahun 2025 yang terakreditasi Sinta 2. Artikel merupakan luaran dari Hibah Penelitian Tesis Magister (PTM) DPPM tahun 2025.
Baca lengkap atikel di https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/14492



