Learning Innovation through belajar.id Accounts to Improve Middle School Students’ Learning Engagement
Rendahnya pemanfaatan platform pembelajaran digital seperti Akun belajar.id menunjukkan bahwa transformasi digital di tingkat Sekolah Menengah Pertama belum berjalan optimal, sehingga berdampak pada keterlibatan siswa dalam proses belajar berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi implementasi Akun Belajar.id dalam meningkatkan keterlibatan belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian melibatkan siswa pada jenjang kelas VII, VIII, dan IX yang telah mengakses Akun Belajar.id. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pedoman wawancara, lembar observasi, serta catatan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman menggunakan bantuan perangkat lunak ATLAS.ti 9 untuk mengorganisasi temuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pemanfaatan platformdilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan secara terstruktur. Pemanfaatan Akun belajar.id terbukti meningkatkan partisipasi aktif siswa dan memperkaya pengalaman belajar digital, meskipun masih terdapat kendala berupa keterbatasan koneksi internet dan kesulitan memahami materi tertentu.
Simpulannya menegaskan bahwa akun belajar.id memiliki kontribusi positif terhadap penguatan pembelajaran digital. Implikasinya, diperlukan peningkatan dukungan infrastruktur, pendampingan, serta pengembangan kompetensi guru dan siswa agar pemanfaatan platform ini dapat berjalan lebih optimal.
Artikel ditulis oleh Wahyu Prihatiningsih bersama Dr. Dian Hidayati, M.M., dan Dr. Muhammad Zuhaery, M.A., telah terbit di Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan Volume 5, Nomor 2, Tahun 2025 terakreditasi Sinta 3.
Baca lengkap artikel di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMTP/article/view/93486/