Digital Accessibility Management For Students In an Inclusive School: A Case Study in Indonesia
Pendidikan inklusif di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam memastikan aksesibilitas digital yang memadai bagi siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen aksesibilitas digital di sekolah inklusif dengan menggunakan pendekatan manajemen Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC).
Penelitian dilakukan di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara semi terstruktur dan analisis dokumen, yang diolah dengan perangkat lunak ATLAS.ti 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan meliputi analisis kebutuhan siswa, pengorganisasian tim khusus, pelaksanaan pelatihan digital untuk guru dan siswa, dan evaluasi melalui laporan kemajuan siswa dan pertemuan rutin dengan orang tua.
Temuan penelitian mengungkapkan bahwa penerapan teknologi digital meningkatkan kemandirian dan motivasi siswa, meskipun masih menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber daya. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan dan dukungan kebijakan untuk memperkuat aksesibilitas digital di sekolah inklusif.
Artikel ditulis oleh Anisatul Maysaroh bersama Dr. Sukirman, M.Pd., dan Dr. Dian Hidayati, M.M., tebit di Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Volume 9, Nomor 1, Mei 2025 terakreditasi Sinta 2.
Lihat artikel lengkap di https://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JSMPI/article/view/13058