Gamified Mobile-Based Learning Approach: Efforts to Improve Students’ Engagement and Learning Quality in Remote Schools in Indonesia
Latar belakang/Tujuan. Sebagai negara berkembang dengan wilayah yang luas, Indonesia kerap kali mengalami kendala dalam pemerataan akses dan mutu pembelajaran, khususnya di sekolah-sekolah terpencil. Untuk mengatasi kendala tersebut, beberapa penelitian mengusulkan penggunaan pembelajaran berbasis gamifikasi berbasis ponsel sebagai alternatif yang efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi respons siswa, pengalaman guru, dan tantangan yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran berbasis gamifikasi berbasis ponsel di sekolah.
Materi/Metode. Prosedur penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan diskusi kelompok terarah yang melibatkan 12 guru dari 12 sekolah di 5 provinsi di Indonesia. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik, yang meliputi pengenalan data, pengkodean awal, pencarian tema, peninjauan tema, pendefinisian dan penamaan tema, serta pembuatan laporan akhir atau narasi.
Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang menerapkan teknologi tersebut mendapatkan respons siswa yang antusias, menyenangkan, dan lebih terlibat. Guru juga dapat meningkatkan inovasi dan pengembangan serta materi dan media pembelajaran. Namun, kendala utama dalam penerapan pendekatan tersebut adalah kendala teknis dan nonteknis. Hasil ini menawarkan kerangka kerja alternatif bagi guru dalam menerapkan pendekatan tersebut di sekolah.
Kesimpulan. Sebagai kesimpulan, hasil penting menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis ponsel yang digamifikasi dapat memberikan alternatif untuk meningkatkan respons siswa dan kualitas pengajaran guru di sekolah-sekolah yang berlokasi di daerah terpencil di Indonesia. Studi ini juga menyoroti pentingnya pembelajaran berbasis ponsel yang digamifikasi dalam meningkatkan kualitas pengajaran guru. Guru dapat meningkatkan inovasi dan pengembangan pembelajaran serta materi dan media pembelajaran.
Artikel ditulis kolaborasi dosen lintas prodi dan universitas yaitu Dr. Ika Maryani, M.Pd. (S3 Pendidikan UAD), Prof. Dr. Suyatno, M.Pd.I. (S2 Manajemen Pendidikan UAD), Ika Arfiani ST, M.Cs. (S1 Informatika UAD), Dr. Muhammad Nizaar, M.Pd.Si (S1 PGSD Universitas Muhammadiyah Mataram), Irnin Agustina Dwi Astuti, M.Pd. (S1 Pendidikan Fisika Universitas Indraprasta PGRI), Prof. Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. (S3 Pendidikan UAD).
Artikel terbit di Educational Process: International Journal Volume 15 tahun 2025 terindeks Scopus Q2. Baca lengkap artikel melalui link https://www.edupij.com/files/1/articles/article_550/EDUPIJ_550_article_680c32bdb118a.pdf