Strategi Sekolah Dalam Menyukseskan Penerimaan Peserta Didik Baru (Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik)
Persaingan penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah di seluruh Indonesia akhir-akhir ini menjadi topik yang cukup menarik perhatian. Strategi sekolah dalam melaksanakan Program Penerimaan Siswa Baru (PPDB) menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pemasarannya. Pada kenyataannya, strategi PPDB yang kurang tepat justru sering kali merugikan sebagian sekolah. SD Muhammadiyah 1 Ngaglik merupakan salah satu contoh sekolah dasar yang berhasil melaksanakan PPDB dengan strategi yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi PPDB di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik pada periode PPDB tahun 2024.
Sumber data penelitian meliputi kepala sekolah, koordinator PPDB, tiga orang panitia PPDB, dan tiga orang tua siswa baru. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan pedoman wawancara, panduan observasi, dan daftar periksa dokumentasi. Metode triangulasi yang digunakan meliputi triangulasi sumber data yang diperkuat dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Strategi PPDB di SD Muhammadiyah 1 Ngaglik diawali dengan tahap perencanaan yang meliputi analisis lingkungan, perencanaan kerjasama, penetapan panitia PPDB, dan perencanaan promosi cetak dan digital serta pendanaan, 2) Tahap pelaksanaan meliputi penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan pihak TK, penyelenggaraan kegiatan pendukung, dan promosi program melalui media cetak dan digital, 3) Monitoring pelaksanaan PPDB dilakukan melalui rapat rutin untuk membahas capaian, tantangan, dan solusinya, 4) Evaluasi dilakukan untuk menilai keberhasilan PPDB yang meliputi rapat evaluasi, perencanaan PPDB tahun berikutnya, dan tindak lanjut.
Artikel ditulis oleh mahasiswa Andriawan Fajar Ramadhan dan dosen Dr. Ika Maryani, M.Pd. Artikel terbit di Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan terakreditasi Sinta 3.
Lihat lengkap artikel di https://ejournal.uksw.edu/kelola/article/view/13011/2951