Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Ismuba
Bertempat di SMK Muhammadiyah 3 Weleri, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah dan Pendidikan Non Formal (Dikdasmen PNF) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Kendal (PDM Kendal) menyelenggarakan “Workshop dan Pelatihan Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen Kurikulum Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (Ismuba)”. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 6 Juli 2024 dengan peserta wakil kepala sekolah atau koordinator Bidang Kurikulum dari tingkat SD hingga SMA. Dalam kegiatan ini hadir narasumber dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yaitu Dr. Dian Hidayati, MM., dan Dr. Sukirman, M.Pd.
“Sejak awal Muhammadiyah didirikan sudah menerapkan sistem dan praktek pendidikan Al Islam Kemuhammadiyahan holistik dan integratif yang menempatkan peserta didik sebagai subyek dan pusat dari proses pendidikan,” terang Drs. Inu Indarto, M.Pd., ketua Dikdasmen PDM Kendal
Ditambahkan oleh Inu Indarto bahwa pada saat bersamaan juga diadakan pertemuan seluruh kepala sekolah Muhammadiyah juga terkait dengan kurikulum baru Ismuba. Dalam kurikulum Ismuba ini terdapat P8 pelajar berkemajuan yang mana hal ini melengkapi profil pelajar Pancasila (P5). Workshop ini berfokus pada pengembangan karakter siswa, meningkatkan religiusitas, dan memantapkan aksi guru dan siswa dalam beragama dan berakhlaqul karimah baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.
Dr. Utomo selaku Wakil PDM Kendal menambahkan bahwa Ismuba merupakan keunggulan sekolah Muhammadiyah yang tidak dimiliki oleh sekolah lainnya. Oleh karena itu semua guru harus meningkatkan kompetensi dan layanan agar lebih baik
“Kurikulum Ismuba yang baru ini menekankan aksi nyata, yaitu praktek dalam kehidupan sehari-hari, sehingga Al Islam dan Kemuhammadiyahan itu tidak hanya teori, tetapi menjadi karakter bagi peserta didik,.” terang Dr Utomo
Memasuki acara inti Dr. Dian menyampaikan materi dengan judul Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Mengawali materinya dijelaskan mengenai 8 ciri Profil Pelajar Berkemajuan.
“Salah satu ciri profil pelajar berkemajuan adalah taat beragama dan berakhlak mulia,” terang Dr Dian Hidayati.
Dilanjutkan oleh Dr Dian Hidayati bahwa proses berpikir dalam merencanakan pembelajaran ada empat yaitu memahami capaian pembelajaran, merumuskan tujuan pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan merancang pembelajaran
Materi selanjutnya oleh Dr Sukirman mengenai Pendekatan dan Model Pembelajaran Berbasis Model. Dalam materinya disampaikan mengenai Gerakan Furudhul Ainiyah (GEFA). GEFA merupakan gerakan sekolah/madrasah untuk pembentukan peserta didik sebagai individu yang berkarakter dan berkepribadian Islam.
Kegiatan workshop dan pelatihan ini merupakan implementasi dari kerjasama yang dijalin antara S2 MP UAD dan PDM Kendal. Selain kegiatan ini sudah dilaksanakan beberapa kegiatan diantaranya seminar, penelitian, pengabdian, dan pengiriman guru untuk studi lanjut.