Penelitian Tindakan Kelas Untuk memperbaiki Pembelajaran di Kelas

Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru-guru Sekolah Dasar pada KKG Rayon 01 Kecamatan Banguntapan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 20 Januari 2017  bertempat di SD Negeri Sampangan.

Dr. Suyatno (tengah) memberikan peletihan PTK

Dalam pelatihan kali ini mengambil tema Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan salah satu upaya guru yang dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Suyatno, M.Pd.I,  Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut.

Peserta pelatihan PTK

Pada kesempatan tanya jawab, salah satu peserta menanyakan tentang bagaimana membuat Penelitian Tindakan Kelas yang baik, Suyatno menanggapi bahwa PTK itu harus dilakukan oleh guru dikelasnya sendiri dengan langkah sebagai berikut:
1. Merencanakan
2. Melaksanakan
3. Merefleksikan tindakan
Adapun dalam proses refleksi tindakan, bisa dilakukan kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

 

One Response to Penelitian Tindakan Kelas Untuk memperbaiki Pembelajaran di Kelas

  1. Eny Hartari says:

    Wah keren pak Kaprodi MP, semoga kedepan MP semakin jaya, guru2yg telah ikut pelatihan lanjut minat daftar MP, untuk meningkatkan kompetensinya, salam MP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *