Keterampilan Menulis Tesis

Rabu (20/12/17) Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana UAD melaksanakan kegiatan Diskusi Ilmiah dengan tema “Penguatan keterampilan Menulis Proposal Penelitian Tesis” dengan narasumber Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag dan moderator Dr. Yoyo, M.A. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa terdiri dari semester 1, 2, dan 3

Dr. Suyatno, M.Pd.I. kaprodi Magister Manajemen Pendidikan UAD memberikan tujuan diskusi ilmiah

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan, Dr. Suyatno, M.Pd.I. selaku kaprodi menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan ini. “Keterampilan penulisan tesis mahasiswa perlu ditingkatkan. Dalam diskusi ilmiah kali ini diharapkan mahasiswa menambah wawasan, kompetensi dalam menyusun proposal tesis sehingga nantinya menjadi tesis yang memang layak dan bahkan mampu menerima beasiswa penulisan tesis”, ucapnya.

Pada awal materinya Prof. Dr. Sutrisno memberikan gambaran tentang beasiswa LPDP. Beliau adalah salah satu orang yang melakukan seleksi untuk calon penerima beasiswa LPDP sehingga sedikit banyak mengetahui hal-hal yang perlu disiapkan oleh mahasiswa jika ingin mengakses beasiswa tersebut mulai dari persyaratan, jumlah beasiswa, tempat beasiswa, wawancara, dll. La Pili La Bae menanyakan tips dan trik mendapatkan beasiswa LPDP karena punya pengalaman tidak lolos beasiswa tersebut. Oleh narasumber ditanyakan mengenai asalnya, ternyata dari daerah 3T (Tertinggal, Terluar, Terdepan) dan beliau menyarankan untuk mengambil jalur afirmasi. Peluang lebih banyak dari jalur itu.

Prof. Dr. Sutrisno (kanan) memberikan penjelasan tentang LPDP dan penulisan tesis dipandu oleh Dr. Yoyo, M.A.

Selanjutnya diskusi masuk ke pokok bahasan utama yaitu penulisan proposal tesis. Dalam paparannya narasumber memberikan penjelasan penulisan proposal ada hal subtantif dan metodologis. Untuk subtantif penelitian harus berangkat dari kegelisahan akademik, aktual, unik, realistis, berkontribusi, level sesuai dengan tulisannya (tesis/disertasi). Metodologis menyoroti ke latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan masalah, kajian pustaka, kerangka teori, metodologi penelitian, sistematika pembahasan, ouline penulisan, jadwal penelitian, dan daftar pustaka.  Prof. Dr. Sutrisno, M.Ag. memberikan “wejangan” kepada mahasiswa yang hadir “Menulis merupakan keterampilan, maka latihlah menulis sejak semester 1 dengan format sesuai pedoman. Sehingga saat tiba menulis tesis sudah terbiasa dengan aturan penulisan”, ucapnya.

Mahasiswa bertanya kepada narasumber

Suasana diskusi ilmiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *