The Mediating Role of Meaning in Work in Promoting Teachers’ Technology Integration
Integrasi teknologi guru adalah aspek penting yang telah menarik perhatian signifikan dari guru dan beberapa penelitian selama tiga dekade terakhir. Fokus ini semakin diperkuat oleh pandemi COVID-19, di mana aspek tersebut menjadi faktor penentu keberhasilan proses pengajaran dan pembelajaran di kelas. Hasil sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat studi yang terbatas menghubungkan variabel integrasi teknologi guru dengan makna dalam pekerjaan sebagai variabel internal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual tentang peran makna dalam pekerjaan dalam memediasi hubungan kepemimpinan digital dan efikasi diri dengan integrasi teknologi guru menggunakan analisis AMOS-structural equation modeling (SEM). Responden terdiri dari 200 guru Sekolah Menengah Pertama di Provinsi Kalimantan Timur, sebuah daerah di bagian timur Indonesia yang diproyeksikan menjadi ibu kota baru. Sebanyak empat variabel dikaji dalam penelitian ini, termasuk makna dalam pekerjaan, kepemimpinan digital, dan efikasi diri, serta integrasi teknologi guru sebagai variabel Z, X, dan Y, masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan digital mempengaruhi makna dalam pekerjaan dan integrasi teknologi guru, 2) efikasi diri mempengaruhi makna dalam pekerjaan dan integrasi teknologi guru, 3) makna dalam pekerjaan mempengaruhi integrasi teknologi guru, dan 4) makna dalam pekerjaan dapat memediasi hubungan antara kepemimpinan digital dan efikasi diri dalam integrasi teknologi guru. Temuan-temuan ini diharapkan dapat 1) memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang hubungan antara kepemimpinan digital, efikasi diri, dan makna dalam pekerjaan serta pengaruhnya terhadap integrasi teknologi guru. Pemahaman yang tepat tentang peran penting makna dalam pekerjaan sebagai mediator potensial dalam hubungan-hubungan ini juga diberikan. Oleh karena itu, hasil penelitian ini memberikan hasil yang kuat.
Artikel ditulis hasil kolaborasi dosen dari berbagai universitas, yaitu Dholina I. Pambudi (UAD), Suyatno (UAD), Wantini (UAD), Lilis Patimah (Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta), Asih Mardati (UAD) dan Nunu Nurfirdaus (STKIP Muhammadiyah Kuningan). Artikel terbit dalam jurnal Frontiers in Education yang terindeks Scopus Q2.
Artikel lengkap bisa diakses melalui https://www.frontiersin.org/journals/education/articles/10.3389/feduc.2024.1455669/abstract