School Energy Management in Efforts to Improve the Quality of Facilities and Infrastructure in Schools
Artikel ditulis oleh mahasiswa dan dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yaitu Yudhi Kurnia, Dr. Dian Hidayati, M.M., Dr. Sukirman, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Muhammad Zuhaery, terbit pada Journal of Vocational Education Studies (JOVES) Volume 7 Nomor 1 tahun 2024.
Pengelolaan Energi di Sekolah merupakan salah satu upaya untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya yang berfokus pada penggunaan energi bersih dan terjangkau serta penanganan perubahan iklim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta tindakan pengelolaan energi di sekolah guna meningkatkan kualitas sarana dan prasarana di SMP Cendekia Muda dan SMP Muhammadiyah 8 Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pengelolaan energi sekolah di kedua sekolah melibatkan berbagai pihak, merujuk pada kebijakan pemerintah serta mempertimbangkan aspek teknis, ekonomi, sosial, dan lingkungan.
Pelaksanaan pengelolaan energi di kedua sekolah meliputi penghematan listrik, penggunaan energi terbarukan, pengelolaan sampah, serta penyuluhan kepada siswa dan masyarakat. Evaluasi pengelolaan energi dilakukan dengan menggunakan indikator kuantitatif dan kualitatif, serta melibatkan pihak internal maupun eksternal. Tindakan pengelolaan energi di kedua sekolah diwujudkan melalui peningkatan sarana, penambahan sumber energi alternatif, pengembangan program lingkungan, dan kerja sama dengan pihak lain.
Hasil penelitian ini adalah pengelolaan energi sekolah di kedua sekolah tersebut telah terlaksana dengan baik dan berdampak positif terhadap kualitas sarana dan prasarana, penghematan biaya operasional, peningkatan kepedulian lingkungan, dan berkontribusi terhadap pencapaian SDGs. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa manajemen energi sekolah perlu ditingkatkan dengan terus melakukan inovasi, pemantauan, evaluasi, dan sosialisasi.
Artikel lengkap bisa diakses melalui
https://journal2.uad.ac.id/index.php/joves/article/view/9178