Managing Personalization and Collaboration in Education: A Systematic Review of Educational Practices
Artikel ditulis oleh Dr. Enung Hasanah, M.Pd., dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD), diterbitkan dalam Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 8, Nomor 3, Tahun 2024. Artikel ini termasuk dalam kategori jurnal nasional bereputasi Sinta 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi cara-cara yang sejalan dengan prinsip manajemen pendidikan Islam dalam mencapai keseimbangan antara hasil belajar yang dipersonalisasi dan penguatan komunitas di lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan literatur eview dengan menganalisis 20 dokumen terpilih dari database Scopus.
Pemilihan dokumen didasarkan pada relevansi dengan fokus tersebut, serta perkembangan terbaru dalam pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah analisis kualitatif menggunakan pengkodean tematik dan VOS Viewer. Hasil analisis menunjukkan bahwa pencapaian hasil belajar yang seimbang dapat dicapai melalui pendekatan Islami, seperti kolaborasi, refleksi, dan umpan balik.
Penyaringan kolaboratif membantu memilih materi pembelajaran sesuai kebutuhan siswa, sementara refleksi dan umpan balik memperkuat interaksi positif serta ukhuwah di dalam komunitas belajar. Selain itu, pembelajaran berbasis komputer dan e-learning memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk belajar sesuai dengan kecepatan mereka. Kurikulum fleksibel memungkinkan penyesuaian terhadap minat siswa, sesuai dengan prinsip taysir (memudahkan).
Hasil dari penelitian ini merekomendasikan agar institusi pendidikan mengintegrasikan pendekatan multifaset untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, adaptif, dan berorientasi pada nilai-nilai Islam.
Artikel lengkap bisa di akses melalui https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/article/view/8751/pdf