Frequently Asked Questions (FAQ)
Portal UAD
1. Apakah portal UAD itu?
Portal UAD merupakan layanan untuk mahasiswa/dosen dalam hal akademik seperti melihat nilai, melakukan KRS, presensi kehadiran, dll
2. Dimana portal UAD bisa diakses?
Portal bisa diakses melalui alamat https://portal.uad.ac.id
3. Bagaimana mendapatkan username dan password portal?
Username dan passwaord portal diberikan kepada mahasiswa baru yang sudah diterima dan melakukan registrasi melalui email.
4. Bagaimana jika lupa password?
Jika lupa password silahkan reset melalui “Silahkan klik URL ini untuk mereset kata sandi anda” yang ada di bawah form login.
Pastikan verifikasi password portal anda menggunakan email UAD (xxxxx@webmail.uad.ac.id)
Jadwal Perkuliahan
Dimana bisa melihat jadwal perkuliahan, jadwal ruangan dan jadwal dosen?
Mahasiswa bisa mengakses di https://simeru.uad.ac.id
Jadwal Kuliah Baru – Jadwal Program Studi / Jadwal Dosen / Jadwal Ruang
** untuk username & password bisa ditanyakan ke Staff Admin Prodi.
Kartu Rencana Studi (KRS)
1. Bagaimana mengakses/melakukan KRS?
KRS bisa diakses melalui https://portal.uad.ac.id
2. Apakah ada panduan KRS?
– Ada, mahasiswa dapat melihat versi panduan KRS dengan mengakses youtube di channel Portal UAD atau di akun Instagram @portal.uad
3. Jumlah SKS saya 0/tidak sesuai dengan IP semester sebelumnya.
– Silahkan masuk ke menu Transkrip Nilai, kemudian klik tombol Rekap .
4. Apakah ada Masa Revisi KRS?
– Tidak ada. Namun, selama masa KRS berlangsung, mahasiswa tetap dapat melakukan perubahan pada KRS mahasiswa sendiri.
5. Apakah saya masih bisa KRS jika telat membayar?
– Mahasiswa dapat melakukan KRS mandiri hanya pada periode KRS dan telah membayar SPP. Jika mahasiswa sudah membayar namun melewati batas KRS, silahkan menghubungi Staff Prodi untuk dapat di KRS-kan oleh Staff Prodi.
Pembayaran Perkuliahan
1. Dimana saya dapat melakukan pembayaran?
– Bank-bank di Kampus 1, 2, 3 dan 5
Bank BRI di seluruh Indonesia via teller
Bank Bukopin Syari’ah di seluruh Indonesia via teller
Bank BPD DIY Syari’ah via teller dan ATM
Bank BNI Syari’ah di seluruh Indonesia via teller
Bank BNI dan BNI Syari’ah via ATM (khusus nasabah) cara pembayaran via ATM bisa dilihat disini
Kontak Person Bank
- BRI : Bapak Brata (0878-3919-7536)
- BNI Syariah : Bapak Kerti (0821-3656-6768)
- BSM : Afit Yulianto (08191-5556-582)
- BPD : Bapak Prima (0811-259-060)
- Bukopin Syariah : Bapak Chandra (0813-2820-3020)
2. Bagaimana cara membayar uang kuliah di bank luar kampus?
Silahkan langsung ke teller, sampaikan bahwa Anda akan melakukan pembayaran perkuliahan di UAD. Teller akan menanyakan NIM dan jenis pembayaran yang ingin Anda lakukan.
NB: Pembayaran melalui teller tidak memerlukan Nomor Rekening.
3. Bagaimana jika tagihan uang kuliah di portal berbeda dengan seharusnya(yang dibayarkan)?
Khusus mahasiswa magister (S2), pembayaran uang kuliah dilakukan sesuai dengan harusnya dibayarkan (rincian bisa tanya ke admin prodi). Kelebihan dan kekurangan uang kuliah bisa tanya ke admin prodi.
3. Bagaimana jika nominal pembayaran saya kelebihan?
– Mahasiswa dapat mengambil kelebihan pembayaran di Bagian Keuangan di Kampus 1 UAD dengan membawa bukti pembayaran dan rincian biaya perkuliahan yang admin prodi sudah berikan diawal Semester I. Selain itu, kelebihan pembayaran juga dapat diakumulasikan untuk pembayaran pada semester berikutnya. Untuk kelebihan pembayaran tersebut biasanya akan dikembalikan oleh pihak keuangan pada saat mahasiswa mengajukan surat keterangan bebas spp untuk pendaftaran ujian tesis/pengambilan ijazah.
Kontak Staff Keuangan
- Jika ada permasalahan keuangan yang belum jelas, silakan menghubungi hotline WA bagian keuangan di WA : 0856-0007-0737, via email finansial.info@uad.ac.id, atau instagram finansial_uad
4. Ketika saya sudah memasuki semester 4 apakah bisa saya membayarkan biaya perkuliahan Semester 4 dan semester selanjutnya hanya ketika saya akan maju pendaftaran Ujian Tesis saja?
– Bisa, tapi resikonya mahasiswa akan masuk dalam daftar Evaluasi Studi/Gugur Studi (ES/GS) karna selama dua semester berturut-turut status kemahasiswaannya Non-Aktif. Jadi sebaiknya mahasiswa walaupun sudah Semester 4 atau Semester Akhir, biaya perkuliahan per-Semester nya tetap dibayarkan agar status kemahasiswaannya tetap Aktif dan tidak masuk dalam daftar Evaluasi Studi/Gugur Studi (ES/GS) Universitas.
Mahasiswa jika tidak aktif 2 semester berturut-turut dinyatakan ES/GS = D.O
** ES/GS = D.O
TOEFL
1. Berapa standar skor TOEFL di Magister Manajemen Pendidikan untuk bisa mendaftar Yudisium Kelulusan?
Minimal skor 475
2. Bagaimana jika skor TOEFL tidak memenuhi? Apakah ada keringanan?
– Jika mahasiswa tidak bisa memenuhi skor 475, mahasiswa wajib melampirkan bukti telah mengikuti pelatihan bahasa inggris. Jadi pada saat mahasiswa akan mendaftar Yudisium Kelulusan untuk dibagian persyaratan TOEFL, mahasiswa wajib melampirkan bukti sertifikat telah mengikuti pelatihan bahasa inggris dan sertifikat TOEFL yang telah diikuti selama 3x.
– Meskipun skor TOEFL yang sudah diikuti sebanyak 3x berturut-turut tidak mencapai 475, mahasiswa wajib memiliki skor diatas 450 disetiap TOEFL yang diikuti sebanyak 3x tersebut.
3. Apakah TOEFL bisa dilakukan diluar UAD?
Bisa, Utamanya test TOEFL dilakukan di Universitas Ahmad Dahlan. Salah satunya adalah dari Ahmad Dahlan Language Center (ADLC) dan Laboratorium Bahasa Inggris FKIP UAD. Selain di UAD test TOEFL juga bisa dilakukan di Universitas Negeri
Kontak Informasi:
Ahmad Dahlan Language Center (ADLC)
Jl. Kapas 9, Semaki, Umbulharjo, Yogyakarta 55166
Phone: (0274) 563515, 511830 Ext. 1632
Fax: 0274-564604
CP : 0821-3521-2693 (Galih)
Email: adlc@uad.ac.id | Website: https://adlc.uad.ac.id | IG: adlcuad
Cuti Akademik
Bagaimana prosedur cuti akademik?
Prosedur Cuti Akademik bisa diakses di https://baa.uad.ac.id/transaksi-akademik/