Best Practice Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Iklim Belajar Jarak Jauh yang Kondusif
Artikel ini ditulis oleh mahasiswa dan dosen Magister Manajemen Pendidikan FKIP UAD (S2 MP UAD) yaitu Retno Miasih dan Dr. Enung Hasanah, M.Pd., terbit dalam Jurnal Kependidikan, Volume 7, Nomor 3, Tahun 2021.
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah di SD Muhamamdiyah 2 Blawong dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif pada pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, komite sekolah, guru kelas, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara individu mendalam, observasi lingkungan, dan analisis dokumen. Semua data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif.
Temuan penelitian ini menunjukan bahwa iklim pembelajaran yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah Blawong 2 sangat kondusif untuk pembelajaran jarak jauh. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terlepas dari peran kepemimpinan kepala sekolah yang adaptif, mengutamakan kerjasama, adil, dan memiliki sikap yang sempurna untuk membangun iklim pembelajaran yang kondusif. Hal tersebut juga tidak terlepas dari kemampuan kepala sekolah dalam medapatkan dukungan dari para orang tua siswa. Oleh karena itu, hendaknya setiap kepala sekolah selalu berupaya meningkatkann kreativitas dalam menghadapi setiap perubahan yang terjadi.
Artikel lengkap bisa di akses melalui
https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3559