Peran Universitas dalam mendorong Kemajuan

        Perguruan tinggi sangat penting dalam mempengaruhi kemajuan suatu masyarakat. Perguruan tinggi diharapkan lebih progresif dalam mempengaruhi perubahan-perubahan masyarakat secara lebih sistematis dan berdampak luas, melalui tri Darma Perguruan Tingginya. Selain itu juga perlu diusahakan kedekatan perguruan tinggi  dengan kemitraan kelompok-kelompok masyarakat. Seminar yang disampaikan oleh Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan dalam acara kuliah perdana Pascasarjana Manajenen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan yang bertema “Peran Universitas dalam mendorong Kemajuan”.

       Pada Acara yang diselenggarakan pada hari Senin (17-09-2012) ini, pemateri mengutarakan bahwapada sektor pendidikan terjadi perubahan yang cukup besar dari dampak perkembangan teknologi. Proses belajar lebih ditekankan pasa transfer pengetahuan bahkan sering kali mengabaikan aspek afeksi dari guru ke siswa dan berkurangnya interaksi personal antar guru dan siswa. Laporan Organization for Economic & Development (OECD) : Bank Dunia melaporkan 20-25% lulusan PT lokal memerlukan pelatihan ulangsebelum bekerja. Rendahnya kualitas SDM ditengarai sebagai akibat dari kegagalan sistem pendidikan di indonesia. Sedangkan duunia terbuka (global) menuntut individu-individu yang berkompeten, produktif, mampu bekerja keras dan bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

     Perguruan tinggi merupakan sumber utama pengetahuan. Melalui penelitian perguruan tinggi menghasilkan pengetahuan baru/ pengembangan pengetahuan yang telah ada untuk dideseminasikan, sehingga mampu diserap dan dimanfaatkan oleh masyarakat (Brey, 2007). Melalui proses pendidikan dan pengbdian masyarakat, institusi perguruan tinggi berperan dalam transfer pengetahuan pada masyarakat melalui pelatihan sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Pengetahuan akan membantu masyarakat dalam memberikan berbagai macam alternatif solusi penyelesaian masalah besar seperti kemiskinan, berwirausaha, pendidikan yang aplikatif, perguruan tinggi juga berperan dalam transfer teknologi untk mengembangkan prosdukso melalui pelatihan kepsa dunia usaha.

           Globalisasi memunculkan pergerasan nilai dan memunculkan nilai-nilai baru yang tidak jarang berdampak negatif m sperti lunturnya solidaritas sosisl, hilangnya rasa kekeluargaa dan berkurangnya cinta tanah air.perguruan tinggi bukan hanya berperan dala transfer pengetahuan tatapi juga bertanggung jawab dalam transfer nilai-nilai khususnya kepada mahasiswa dan masyarakat.

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *