Peningkatan Literasi SMIC Untuk Indonesia Timur

Dr. Suyatno, M.P.d.I. memberikan materi SMIC

Dosen dari Prodi S2 Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan sejak tanggal 9 – 14 Mei 2018 menyelenggarakan riset terapan di Bacan, Kab. Halmahera Selatan, Maluku Utara. Riset ini dilaksanakan dengan pendanaan dari Kemristekdikti yang diikuti oleh 93 guru-guru dari berbagai sekolah di Bacan.

Dr. Suyatno, M.Pd.I. menyatakan bahwa literasi SMIC adalah sangat penting dalam membangun karakter generasi masa depan bangsa. SMIC adalah singkatan dari Spirituality, Morality, Interpersonal dan Cultural. Ini adalah kunci kompetensi pada era abad 21.

Peserta pelatihan SMIC

Pilihan pelaksanaan riset di Indonesia Timur adalah karena adanya gab(jarak) yang cukup tinggi antara Jawa dan Luar Jawa selain Indonesia Timur akan menjadi wilayah penopang utama Indonesia di masa depan. Sehingga perlu disiapkan generasi yang baik, papar Suyatno lebih lanjut.

Riset ini dilakukan secara berkelanjutan agar dampaknya bagi sekolah-sekolah juga lebih terukur. Universitas Ahmad Dahlan sangat mendukung program-program pengembangan wilayah untuk kemajuan Bangsa Indonesia, imbuh Suyatno sebelum mengakhiri pembicaraan.(syn/pascamp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *