Opportunities and Challenges on Education Management in 21st Century

Delegasi S2 MP UAD mengikuti International Colloquium di Hatyai University. Foto:HatyaiUniversity

Dosen dan mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan UAD (S2 MP) mengikuti International Colloquium bertempat di Hatyai University, Thailand pada tanggal 8 Mei 2018. Tema yang diambil adalah “Opportunities and Challenges on Education Management in 21st Century”. Dalam kegiatan ini ada beberapa hal yang dibicarakan diantaranya peluang dan tantangan dalam bidang pendidikan di abad 21, membangun kolaborasi akademik internasional jangka panjang antara UAD dan Hatyai University, dan mengintegrasikan pengetahuan untuk perspektif peserta ke dalam karir yang sebenarnya. 

Delegasi S2 MP sejumlah 14 orang terdiri dari 4 dosen dan 11 mahasiswa disambut oleh Assoc. Prof. Dr. Prachoom  Rodprasert selaku Director of Doctor Education Program Hatyai University. Dr. Dwi Sulisworo, M.T. selaku Wakil Direktur Program Pascasarjana UAD juga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak Hatyai University atas sambutan yang sudah diberikan.

Dr. Dwi Sulisworo menyampaikan sambutan dan maksud tujuan kunjungan. Foto:HatyaiUniversity

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu diskusi ilmiah dengan tema “Opportunities and Challenges on Education Management in 21st Century” . Hadir sebagai pembicara dalam diskusi ini perwakilan dari UAD yaitu Dr. Widodo, M.Si. selaku dosen S2 MP dan Kepala LPPM UAD serta dari Hatyai University yaitu Assoc. Prof. Dr. Prachoom  Rodprasert.

Pada sesi ketiga adalah presentasi paper/makalah ilmiah  dengan presenter dosen dan mahasiswa dari kedua universitas. S2 MP mengawali presentasi adalah Dr. Achadi Budi Santosa, M.Pd. dengan paper yang berjudul Development of Character for Effective School Leadership.  Dipaparkan oleh beliau tentang Mempresentasikan konsep keteladanan dalam kepemimpinan pendidikan klasik model Ki Hajar Dewantara dan pembentukan karakter model Steven Covey pada buku 7 Habits of Highly Effective Peoples. Menurut beliau  bahwa model kepemimpinan klasik dapat dilakukan melalui 7 pembiasan model Steven covey. Selanjutnya setelah Dr. Achadi Budi yang presentasi secara berturut-turut dari mahasiswa adalah AM Syaifullah Aldeia, Eriani, Alpedi, dan Risdayani Pandiangan.

Dr. Dwi Sulisworo, M.T. memberikan cinderamata dari UAD ke Assoc. Prof. Dr. Prachoom Rodprasert, Hatyai University. Foto:HatyaiUniversity

Mengakhiri rangkaian kegiatan International Colloquium adalah wrap up kegiatan oleh Dr. Dwi Sulisworo, M.T., dilanjutkan acara ramah tamah dan campus tour di Haytai University. Ini merupakan kegiatan terakhir sebelum delegasi S2 MP kembali ke Indonesia dari rangkaian “Student Mobility” yang dilaksanakan dari tanggal 6 – 10 Mei 2018 dengan mengunjungi negara Singapura, Malaysia, dan Thailand. Diharapkan mahasiswa dapat menyerap ilmu dalam kegiatan kali ini. (pascamp)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *