Kunjungan Ke Ponpes Assalam

Perkuliahan tidak hanya diisi dengan tatap muka antara dosen dan mahasiswa di kelas. Praktik di lapangan diperlukan agar mahasiswa tidak hanya paham teori tetapi juga paham penerapan di lapangan. Pada hari Selasa (16/1/18) mahasiswa PPs Manajemen Pendidikan semester 2 mengadakan kunjungan lapangan ke SMA Assalam. Tujuan kegiatan ini adalah praktik dari mata kuliah Best Practices Kepemimpinan Kepala Sekolah agar mahasiswa melihat langsung kegiatan kepemimpinan di lingkungan sekolah tersebut.

Pada kunjungan ini terdiri dari 17 mahasiswa, 1 staff, dan 1 dosen pembimbing (Dr. Jumintono). Kunjungan di Pondok Pesantren (ponpes) Assalam khususnya di SMA diterima oleh Bapak Qomarudin dan Lutfi selaku humas, dan Kepala Sekolah SMA Assalam. Dalam kesempatan ini Dr. Jumintono selaku dosen pembimbing mengutarakan maksud dan tujuan kunjungan. Selanjutnya, pemaparan dari wakil Pondok Pesantren Assalam mengenai profil pondok pesantren  disampaikan oleh Bapak Qomarudin. Acara inti yaitu pemaparan tentang kepemimpinan dan profil SMA Assalam oleh kepala sekolah. Beliau menjelaskan bagaimana mekanisme pembelajaran, pengambilan keputusan, dll yang ada di SMA Assalam.

Setelah diskusi yang sangat menarik, rombongan diajak  untuk berkeliling komplek ponpes serta melihat proses pembelajaran di kelas. Mahasiswa dibagi tugas untuk menggali data terkait mata kuliah dengan sumber dari guru, siswa dan pengelola ponpes Assalam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *