Kegelisahan Menjadi Buku

Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.(kanan) membedah buku karya Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (tengah) didampingi moderator Dr. Suyatno, M.Pd.I.

Magister Manajemen Pendidikan mengadakan acara bedah buku “Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program” karya Prof. Dr. Suharsimi Arikunto pada Sabtu 24 Februari 2018 di UAD kampus 1 dengan diikuti oleh mahasiswa yang akan menulis proposal tesis. Mengawali acara Dr. Suyatno, M.Pd.I selaku kaprodi mengatakan acara seperti ini sangat pas diadakan dan diikuti oleh mahasiswa yang akan menulis tesis sebagai tambahan referensi mahasiswa. Apalagi buku ini ditulis oleh dosen Magister Manajemen Pendidikan UAD sendiri. Selanjutnya Prof. Dr. Mursyidi selaku direktur Program Pascasarjana¬†membuka acara bedah buku ini sekaligus berpesan kepada mahasiswa untuk mengambil manfaat dari kegiatan ini.

Hadir sebagai pembedah buku adalah Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang juga aktif sebagai penulis buku. Mengawali acara inti bedah buku dengan moderator Dr. Suyatno, M.Pd.I adalah cerita Prof. Dr. Suharsimi Arikunto tentang ide awal penulisan buku ini. Beliau mengatakan sebenarnya draf buku ini sudah lama, sejak zaman masih disket komputer sudah ada, tetapi baru terealisasi menjadi buku tahun 2017. Kegelisahan dari membimbing skripsi, tesis, dan disertasi mahasiswa dalam membuat instrumen penelitian menjadi dasar penulisan buku ini.

Selanjutnya, Dr. Andi Prastowo mengatakan bahwa buku ini wajib dibaca mahasiswa karena ditulis oleh pakar di bidangnya. Kelebihan buku ini diantaranya menurut beliau, pertama penyajian sistematis, menyajikan aspek teoritik dan praktik yang kaya, tersedia menu ringkasan dan pertanyaan yang membantu pembaca dalam mengevaluasi hasil bacaan. Sebagai catatan untuk buku ini kedepannya bisa disertai contoh R&D dan PTK dan buku ini juga akan semakin lengkap kontennya jika ditambah aplikasi pengembangan instrumen penelitian berbasis komputer/online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *